Selasa, 23 Juni 2015

3 Hak Seorang Anak.

Pada suatu hari ada seorang laki-laki yang datang kerumah Amirul mu'minin, Ummar bin Khatab dengan membawa anaknya. Laki-laki itu mengadukan kepada Amirul mu'minin bahwa anaknya telah durhaka kepadanya.

Belum sempat menjawab, sang anak langsung bertanya kepada Amirul Mu'minin . "Wahai Amirul Mu'minin tolong beritahu aku apa hak ku sebagai anak."
"Sesungguhnya hak seorang anak ada 3 yaitu ; seorang ayah harus memilih ibu yang baik untuk anaknya, memberikan nama yang baik untuk anaknya, dan memberikan pelajaran agama untuk anaknya."
"Kalau begitu aku tidak mendapatkan hak ku ya Amirul mu'minin. Ayahku memilih ibu yang buruk untukku, yang selalu melakukan dosa. Dia juga memberikan nama yang buruk kepada ku yang artinya tikus, yang tinggal di tempat yang menjijikan. Dia juga tidak pernah mengajariku pendidikan agama yang baik."
Lantas amirul mu'minin pun berkata.
"Kalau begitu sebelum anakmu durhaka kepada mu kau telah durhaka kepadanya karena telah mendzoliminya."

Aku jadi ingat Rasullulah pernah berkata "anak itu pada dasarnya suci, orang tuanyalah yang yang menjadikanya nasrani, yahudi, atau majusi."

Dari kisah tadi kita belajar, sebelum menuduh anak itu durhaka lihat dulu apa kita sudah benar atau belum dalam memberikan contoh dan pendidikan kepadanya. Karena pada dasarnya anak itu meniru. Meniru siapa? Ya orang yang dia lihat setiap hari, orang yang menjadi panutan. Orang tuanya. Sebagai calon ibu dan ayah yang baik, kita harus banyak belajar karena kitalah orang pertama yang akan melukis akhlak dari anak-anak kita nantinya. Semoga kisah tadi bisa menjadi pelajaran yang berharga untuk semua orang tua dan calon orang tua.

Wassalamualaykum.
Hana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar