Sabtu, 12 Juli 2014

Sebuah Prasangka



Dalam hidup,mungkin kita sering mendapat kan semacam firasat mengenai sesuatu kejadian yang tidak mengenakan,baik itu yang sedang terjadi atau yang akan terjadi. Masalah nya sering kali kita kebingungan bagaimana membeda kan antara firasat buruk mengenai seseorang dengan su'udzon,atau prasangka buruk.

Mengenai hal itu,sesungguh nya dalam surat Al-Hujura, ayat 12 Allah SWT berfirman:

"Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah oleh kalian kebanyakan dari prasangkaan(Zhan) karena sesungguh nya sebagian dari prasangkaan itu merupakan dosa."

Dengan demikian, jelas bahwa Allah memerintahkan kita untuk menjauhi kebanyakan prasangka dan tidak mengatakan prasangka kita tersebut pada orang lain agar tidak menjadi fitnah karena bisa jadi kita tergelincir pada dosa karena telah bersu'udzon pada orang lain dan mengajak orang lain bersu'udzon dan memfitnah seseorang.

Oleh karena itu,sebaik nya kita tidak dengan mudah mempercayai firasat atau prasangkaan kita, sebelum kita benar-benar meneliti lebih jauh kemungkinan kebenaran nya. Semoga kita semua senantiasa dijauhkan dari firasat yang dapat menimbulkan fitnah dan perpecahan tali silahturahmi diantara kita. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar