Kamis, 12 Mei 2016

Bersatu Untuk Harga Diri

Sangat miris ketika melihat berita beberapa minggu ini. Entah kenapa seperti di tarik lagi ke zaman jahiliyah. Dimana harga diri wanita di jatuhkan serendah-rendahnya.

Belum lupa dengan kasus YY yang dengan keji di lecehkan oleh 14 orang dan di bunuh. Mirisnya pelaku adalah anak-anak di bawah umur, yang semestinya fokus menuntut ilmu dan mengejar cita-cita.

Entah siapa yang harus di salahkan pada saat ini. Didikan orang tua kah atau lingkungan sosial. Yang pasti Indonesia sudah masuk darurat kejahatan sex.

Sangat miris ketika Indonesia  yang semua orang tau adalah negara yang terkenal dengan tatakrama dan sopan santunnya. Di saat ini malah menjadi salah satu negara dengan darurat sex tertinggi.

Saya rasa antisipasi dan pencegahaan perlu adanya. Apa lagi untuk kaum perempuan yang paling banyak menjadi korban.

1. Kenalkan Sex Pada Anak Sejak Dini.

Menurut saya ini sangat penting karena dengan mengenalkan sex pada anak sejak dini itu bisa menjadi tameng untuk anak. Memang agak kurang nyaman ketika kita membicarakan sex pada anak di karenakan mainset tentang "saru". Tapi kalau informasi tersebut selalu di tutup-tutupi malah akan menjadikan ketidaktahuan yang memunculkan masalah di kemudian harinya.

Ajarkan secara perlahan. Mulai dari  bagian dari tubuh apa saja yang tidak boleh di sentuh oleh orang lain. Ajarkan bagaimana caranya bersikap pada orang terutama lawan jenis. Karena pendalam materi saat kecil sangat berpengaruh pada kehidupan kedepannya.

2. Awasi

Awasi hal-hal yang menyangkut tentang anak. Bukan protectif hanya waspada. Kenali gejala penyimpangan pada anak. Cari tau dan tanyakan kenapa.

Komunikasi yang baik mampu membantu tumbuh kembang anak. Baik secara mental, emosi, dan jiwa.

3. Jaga diri.

Memang hak setiap orang untuk berpakaian, memilih pakaian yang di gunakan, atau bagaimana memakainya. Toh kejahatan sex juga tidak hanya bersumber dari penampakan pakaian yang terlihat.

Tapi alangkah lebih baiknya jika kita mencegah, dengan berpakaian yang sopan dan tidak memancing.

Gunakan pakaian yang sopan supaya terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan walaupun memang tidak hanya pakaian yang jadi penyebabnya.

Sebagai generasi masa depan, ayo kita perbaiki moral yang sudah mulai rusak. Terus gencarkan pendidikan sex. Jangan jadi generasi yang buta. Demi masa depan yang lebih baik. Ayo kita bersatu. Tidak hanya hari ini tapi esok, lusa dan entah kapan. Semoga semakin baik kedepannya. Aamiin.

-Hana Larasati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar